Cara Menjinakkan Musang | Drh. Fira Sovica

Ada banyak

cara menjinakkan musang

. Namun, seperti kebanyakan trik cara menjinakkan hewan nocturnal (hewan yang aktif di malam hari), kunci keberhasilan dalam menjinakkan musang adalah dengan memperbanyak interaksi kepada si hewan, atau dalam hal ini, musang. Oh ya, bagi anda yang mau memelihara musang, sebaiknya baca dulu artikel resiko memelihara musang.
Cara Menjinakkan Musang
  1. Namun ada satu pengecualian dalam menjinakkan musang, yaitu kita harus membiasakan diri digigit oleh si musang. Menggigit adalah salahsatu cara alami musang dalam mengenali kita sebagai ownernya. Maka dari itu, dengan membiasakan diri digigit, maka dia akan mengenali bau tangan kita sebagai ownernya. Dengan cara itu, musang akan menjadi jinak.
  2. Menempatkan musang di tempat yang ramai dilalui orang akan membuat musang menjadi terbiasa dengan kehadiran manusia. Tempatkan kandang musang di tempat yang ramai selama minimal satu minggu untuk membiasakan musang dengan lingkungan manusia. Poin ini lebih penting dilakukan dibanding dengan poin cara menjinakkan musang lainnya jika musang yang didapat adalah hasil tangkapan liar (WC).
  3. Pemberikan makan dengan tangan (handsfeed) juga dibutuhkan. Jenis makanan untuk musang bisa anda baca di artikel jenis-jenis makanan musang.
  4. Elusan tangan kita pada tubuh si musang juga akan membuat si musang mengenali elusan tangan kita.
  5. Lain daripada itu, kunci utama dalam menjinakkan musang adalah dengan cara banyak berinteraksi. Cara termudahnya adalah dengan mengeluarkan musang dari kandangnya di ruangan tertutup lalu kita mengajak main si musang. Cara ini sangat efektif dan relatif lebih cepat dari cara lainnya.
Faktor lainnya adalah kesabaran. Tiap musang memiliki karakternya masing-masing, mirip seperti manusia. Ada yang memang gampang dijinakkan, ada juga yang memang agak susah. Maka, kesabaran kita dalam menjinakkan musang bisa jadi adalah faktor keberhasilan terbesar dalam

proses menjinakkan musang

.

124 Responses to "Cara Menjinakkan Musang"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.