Sunday, August 18, 2013

Cara Menggemukkan Musang | Drh. Fira Sovica

Tips

cara menggemukkan musang

atau cara agar musang obes ini ditujukkan kepada para pecinta musang yang ingin tahu caranya menggemukkan musang kesayangannya. Tips ini berdasarkan pada pengalaman penulis yang juga memelihara beberapa ekor musang. Adapun keefektifan cara ini tentu tidak lepas dari peran serta owner musang itu sendiri. Harap berhati-hati karena musang obesitas rentan mati. Saya pernah membahas hal tersebut di artikel kenapa musang obesitas rentan mati.
Image taken from dokterluak.blogspot.com

Inilah beberapa tips

cara menggemukkan musang

  1. Pemberian asupan protein yang cukup kepada musang dapat membantu pembentukan otot-otot musang.
  2. Pemberian asupan protein berlebih kepada musang dapat membentuk otot dan menambah bobot tubuh musang. Asupan protein berupa kepala ayam rebus dan ceker ayam rebus mampu menambah berat badan musang secara signifikan. Pemberian asupan protein ini adalah langkah utama dalam menjinakkan musang.
  3. Pemberian Scott Emulsion dapat memperbaiki nafsu makan musang.
  4. Pemberian Scott Emulsion dapat diberikan setiap malam dapat menambah berat badan musang serta memperbaiki nafsu makannya.
  5. Atur pola makan dan istirahat yang cukup serta barengi dengan interaksi kepada si musang minimal 40 menit setiap hari.
  6. Musang yang terlalu gemuk (obesitas) malah akan membunuh musang itu sendiri, seperti yang saya tulis di artikel kenapa musang obes rentan mati. Cara agar musang obesitas tetap sehat bisa dibaca di artikel cara agar musang obes tetap sehat.
Patut ditekankan bahwa berat badan yang berlebih tanpa diiringi dengan banyaknya gerak dapat menyebabkan sudden death (mati secara tiba-tiba) bagi si musang. Maka hendaknya, proses penggemukkan tubuh musang dalam tips cara menggemukkan musang ini dapat dilakukan hanya jika musang aktif bergerak. Hentikan proses penggemukkan musang jika musang mulai terlihat malas bergerak.(FS>

345 comments

«Oldest   ‹Older   201 – 345 of 345   Newer›   Newest»

how old its is? :)
you can feed its with small slices of banana or papaya, three or four times a day.
if its a baby's one and it cant feed its self, you can force-feed its with pipet by banana or papaya juice every 4 or 5 hours.

maybe its better if you join group named musang lover malaysia in facebook. best regards.. :)

Dok sy mau tnya nih sya kan pnya muspan umur 2 bln ,saya kasih makan nasi kecap,susu SGM,kepala ayam rebus ,buah ..?apakah makanan tersebut bs membuat musang jadi obes

Gni dok sy kan pnya muspan umr 2 bln sy kasih makan ,nasi kecap,ayam rebus ,susu sgm,buah...?apakah makanan tersebut bisa membuat musang jd obes mohon infonya

menu tersebut bisa membuat musang obes. terutama kepala/ceker ayam rebusnya. agak dibanyakin aja porsi kepala ayam rebusnya, mas...

maaf baru balas. saya sibuk sekali akhir2 ini...

Dok, musang pandan USIA 3 bulan boleh dan Alan atau tidak diberi makan ampela ayam rebus?

rempela ayam kayaknya terlalu keras buat musang, mas. bisa aja sih dikasih, asalkan dicuci bersih dulu (isinya dikeluarkan dan dibersihkan hingga benar2 bersih), direbus hingga matang dan lunak, dinginkan, baru bisa diberikan ke musangnya....

kalau hanya hatinya aja lebih bagus.lebih aman... :)

Sebenarnya yang paling baik itu kepala ayam atau hati ayam dok?

dok saya mau tanya,musang sya usia kurbih 4 bln hbs di suntik vaksin & nafsu mkn, lalu bks suntiknya bulunya rontok,apkah semua muspan bks suntiknya pasti rontok blunya...?trims

maaf baru saya balas. hmm, ati ayam sebenernya lebih bagus... :)

hah? musang 4 bulan udah disuntik vaksin?
dokternya gak bilang apa2 mas? kalau boleh saya tahu vaksin apaan??

gak, biasanya gak rontok.

Dok kalo musang supaya mau makan nasi gimana yah ?..'

Dok kalo musang supaya mau makan nasi gimana yah ?..'

Permisi dok, saya mau nanya ni dok, musang pandan saya umur nya lebih kurang 2 lah dok, nafsu makan nya agak kurang, paling banyak makan nya satu botol kecil 50 ML untuk berdua dok, kemaren saya kasi scott's yg isi nya warna putih kyk susu yg kental itu dok, eh malah dia gak mau makan, saya ajarin dia makan buah, dia gak mau, dianya blm pandai makan sendiri, sekarang bulu nya mulai rontok dok, mohon donk dikasi solusi nya dok, terimakasih dok, salam

sayangnya mas gak ngasih tau umurnya 2 apa. dua bulan kah atau 2 tahun kah.... :)

kalau masih 2 bulan, mas bisa kasih sari kurma. campur aja ke makanannya. satu sendok teh tiap kali makan....

2 bulan maksud nya dok, sory salah dok, hehehehehe..... kalau untuk badan nya selalu gatal2 itu dikasi apa bagusnya dok ?
Sekarang makan nya saya kasi SUN campur dgn SGM, kira2 bagus gak tu dok,

This comment has been removed by the author.

jangan dikasih susu sgm kecuali SGM LLM (yang non laktosa). sgm lain mengandung laktosa, kadang bikin mencret,...

untuk bubur bayi, saya lebih merekomendasikan kasih promina sebenernya mas. dah bisa makan sendiri musangnya?

kasih sari kurma gak apa2 biar dia tetep sehat... :)

Blm bisa mkn sendiri dok, makannya masih pakai botol, disuapin buah pakai tangan aja dia blm bisa dok, nafsu mkn nya selalu hilang donk, kalau SUN bayi itu bagus gak dok ? Kalau pagi makan SUN bayi siang ama sorenya gak mau lagi dia, nanti jam 10 mlm lagi baru mau

coba kasih promina. jaga kebersihan kandang dan badan musangnya. dirawat baik2 kalau emang masih bayi banget mas... :)

Dok saya mau tanya nih kalau musang dikasih makan nasi remix susu bubuk atau buah-buahan remix madu apa blh kah umur musang saya 2bln soalnya dok

susu bubuknya apa dulu? kalau mau dikasih susu, pilih susu non laktosa kayak sgm llm. kalau susu biasa suka bikin mencret. mending jangan kasih susu mas. saran saya kasih sari kurma aja....

selebihnya, makanan yang mas berikan bagus... :)

Dok musang saya umur 2,5 bulan boleh ga dikasih jangkrik? Soalnya waktu itu saya kasih jangkrik makan nya lahap bgt, tolong jawabannya

dok akar saya biar mau dikasi pala ayam rebus gmana ya, soalnya perna saya kasi tp ga di makan.sy kasi sun pup nya ngga keras(lembek).trmkasih dok

silakan mas baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja dan artikel monofeed dan polifeed pada musang

selamat malam dok maaf ganggu waktunya.
saya pengen musang saya badannya agar gemuk tapi bukan obesita dong, bagaimana caranya yaa dok.
dan kenapa yaa musang saya ko bulu bagian paha belakang warnanya aga kepirang merah gitu yaa, apa kotor atau kenapa yaa.
tapi saya selalu rutin memandikannya dok minimal 2kali sehari

udah saya balas di pertanyaan yang sama, mas.. :)

bang scott emolsion beli dmna???

di toko bahan bangunan. huehehehe.
ya di toko obat atau di indomart juga ada...

Dok, kalo musang saya, saya kasih curcuma plus bisa juga kan buat nambah nafsu makan

bisa, namun gak bisa sembarangan. ada dosisnya. slilakan baca artikel saya dosis scott emulsion untuk musang.

sebenernya lebih bagus kalau pake sari kurma, mas...

bu dokter nanya lagi nih disini,niatnya mau beli scotemulsion tapi salah beli, curcuma plus, apa takarannya sama? 2 sendok makan atau bgmn?

This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.

sama aja kok mas. scott emulsion dan curcuma plus bisa aja. saya sih sebenernya lebih menyarankan pake sari kurma. :)

artikel mengenai dosis dan takaran scott emulsion untuk musang ada kok artikelnya... :)

ia bu dokter, saya sudah baca artikelnya, berat musang saya setengah kilo tapi tdk dikasih sesuai dosisnya, hari ini gak mau makan, apakah gara2 dikasih curcuma 2 sendok?

iya. kebanyakan itu mas kasihnya.
fesesnya mencret gak? kalau mencret, hentikan pemberian curcuma. kalau bisa sih, ganti pake sari kurma aja mas. lebih alami dibandingkan curcuma dan scott emulsion.. :)

:D ia fesesnya mencret, trimakasi sarannya bu dokter

saya tunggu kabar selanjutnya... :)

sekarang jana sama jono makan sembarangan, gigitin triplek, kain, dll, kenapa ya? dan susah dipangku bahkan hari ini tdk mau sama sekali...

musang yang masih anak2 emang gitu mas.
selama ini di freeroom?
Sebaiknya tidak difreeroom kecuali diawasi. kalau mas mau keluar rumah dan jono & jana tidak ada yang mengawasi freeroomnya, mending masukkin kandang aja. dan kunci kandangnya... :)

ia di freeroom.jono warna matanya berbeda, tanda2 katarak apa saja bu dokter? & kalau feses malam biasa, kalau siang kadang2 mencret, sampai saat ini si jono masih suka galak, padahal saya sudah mengikuti saran yg ada di artikel cara mnjinakkan musang

salahsatu hal terpenting dalam menjinakkan musang adalah sabar. itulah hal terpenting. hilangkan juga rasa ragu2 dan takut... :)

kalau soal fesesnya, observasi aja sampe 3 atau 4 hari. kalau mencretnya udah lebih dari 3 hari, mending kasih buah2an aja dlu, makanan lainnya jangan dikasih... :)

This comment has been removed by the author.

semoga ALLOH selalu memberi kebahagiaan utk Drh Fira Sovica, nanya lagi nih...
jana kalau di freeroom suka mangap2 dan bersuara engos2an seperti anjing, apa karena kecapean bu?

Mau nanyaaa, musang rase saya udh lunayan bonding, kadang ngikutin kadang engga, seringnya kalo sayang lepasin di rmh suja ngedus2 gitu, sambil nempelin bomongnya ke tembok atau yg lain, itu knapa yah don?

semoga ALLOH selalu memberi kebahagiaan utk Drh Fira Sovica, nanya lagi nih...
jana kalau di freeroom suka mangap2 dan bersuara engos2an seperti anjing, apa karena kecapean bu?

amiin... :)
masnya merokok gak? kalau merokok, usahakan jangan kena sama musangnya... bahaya....

kalau gak merokok tapi dia ngosngosan, coba cek hidungnya, apakah berair? warna hidungnya apa?

saya tunggu kabarnya...

kalau rasenya masih anakan atau baby, hal itu wajar... :)

dok mau nanya nih... musang akar saya tu saya kasih kepala ayam,seminggu bisa 4x ditambah buah, tp kenapa ga gemuk2 ya dok?, tolong informasi nya.

dok mau nanya nih... musang akar saya tu saya kasih kepala ayam,seminggu bisa 4x ditambah buah, tp kenapa ga gemuk2 ya dok?, tolong informasi nya.

ia bu dokter sy merokok dan hampir sering dekat jana & jono, hidungnya kadang2 berair, warna hidung...., apa ya...?1 merah tua tidak, merah agak keunguan agak hitam juga tidak

mending kalau merokok jangan deket2 ke musangnya, mas. kasian. :(

ada musang yang emang gampang gemuknya, ada juga yang susah gemuk, mas, sama kayak kita manusia.... :)

udah berapa lama pake menu itu, mas? :)
harusnya kalau emang gampang gemuknya, itu menunya udah bagus. lanjut aja. :)

ia bu dokter..., trmakasih sarannya, dari kemarin semnjak baca balasan ibu dokter saya tdk dekat jana dan jono bila merokok

kabar baik. :)

kabari saya terus ya mas....

-+ 1 bulan setengah saya & anak tetangga yg sudah saya anggap keponakan, merawat jana & jono, mungkin 3 minggu yg lalu jana & jono kami timbang beratnya setengah kilo, beberapa hari yg lalu kami timbang lagi beratnya bertabah menjadi 1 kilo kurang 1 ons, semalam jana & jono kami ajak bermain di halaman bersama anak2 tak lama kemudian jana lari menuju ruangan dimana kandang mereka berada, jono juga lari tapi, jono malah belok kiri dan bermain di lorong dan naik ke atap rumah, singkat cerita jono saya biarkan karena dia pasti tidak akan jauh bermainnya, setelah pagi2 kami cari lagi ternyata tdk ada tanda2, setelah -+ jam 22 kami cari di komplek perumahan dan bertemu dgn kenalan saya, pak ustad (biasa ia memanggil saya, mau kemana? mau cari musang pak haji, jawab saya sambil belok kiri kearah tujuan saya mencari jono, ternyata haji menghampiri dan berkata: tadi Magrib "MIS" (tetangga saya tdk brgaul dilingkungan) bawa musang ke prapatan, langsung saya berteriama kasih kepada Haji sambil menuju prapatan, sesampai di prapatan saya ketemu anaknya dan langsung bertanya tentang jono, anaknya menjawab sudah dipotong, saya bertanya lagi bapak sekarang dimana? dirumah jawabnya, saya langsung pulang dan menuju rumah MIS dan berharap mudah2n belum dipotong, sesampai di rumah MIS saya ucapkan salam beberapa kali tidak ada jawaban, saya lihat di sekitar tidak ada tanda2 jono, dan keponakan menggeledah/membuka bak sampah ternyata tidak ada tanda2 juga, lalu saya berdua pulang dan berkata kpd org2 dihalaman yg lagi pada kumpul. jono dipotong MIS.! serantak orang2 kaget, karena masih penasaran saya kembali lagi kerumah MIS untuk memeriksa bak sampah, setelah saya amati dibawah ada kandang yg saya curigai buat mengurung jono, setelah melihat tembok hati langsung trasa sakit di tercabik2, sambil berkata kepada keponakan Mas..... jono sudah tdk ada kita bawa saja kulit dan buntut nya, setelah saya sampai dirumah dan menunjukkan kulit dan buntut jono anak2 pada nangis semua ibu2 yg pada kumpul juga ikut meneteskan air mata, untungya saya mampu menahan air mata tdk menetes, setelah jam 02 pagi ini saya lihat jana kakaknya jono langsung terbayang semua disitu, jana & jono sering bercanda saling gigit saling bergulat, akhirnya airmata sang ayah 2 anak ini menetes juga.

Ya sudahlah Bu dokter........
nasi sudah menjadi bubur

Bu, si jana tdk mau makan sudah 2 hari

jana itu apa mas? musang? :)
jenis musangnya apa?

coba diperjelas lagi... :)

saya tunggu kabarnya ya...

itu lo bukter...., 2 ekor musang saya yg dpt nangkep liar, saya beri nama jana sama jono

Jana yang ini bu dokter, yang saya tanyain di coment bawah, tdk mau makan 2 hari, tapi tadi dikasih anak jangkrik mau makan, meskipun cuma 5 sampai 7 ekor

jana itu musang ya? dikasih jangkrik sebenernya sih oke aja. cukup pastikan jangkriknya bersih. itu aja.
sesekali kasih buah ya mas....

jana itu jenis musang apa? maaf kalo saya hilang fokus, hihihihi.... saya tunggu kabar selanjutnya...

oh iya. maaf kalo saya hilang focus. udah saya balas di komentar mas satu lagi.... :)

muspan bu dokter, dalam 1 minggu makanannya, pepaya, nasi kecap kadang kadang kepala ayam, akhir2 ini mogok makan, lalu saya kasih jangkrik, sekarang timbul masalah baru, sepertinya jana kekurangan kalsium, kaki depannnya lemas, dipegang/di urut sedikit & tdk bereaksi, saya baca diartikel mengobati kaki musang di blog ini,kalsium reptil belinya di toko apa?

di matrial, mas. hehehe. becanda.
mas bisa beli di toko perlengkapan hewan atau toko makanan kucing. gak usah kalsium reptil, tanya aja suplemen kalsium untuk kucing juga bisa. kalau jual exoterra, beli exoterra juga bisa...

opsi lain, mas bisa kasih bubur bayi promina. kalsiumnya lumayan tinggi tuh.

yang murah meriah, mas bisa beli tulang ikan sotong di toko makanan burung. tumbuk hingga benar2 halus, lalu campur ke bubur bayi. biar lebih bagus, mas bisa campur juga sari kurma. aduk. terus kasih ke musangnya....
lakukan selama seminggu atau 2 minggu. kalau dalam waktu 2 minggu belum ada perbaikan, mending bawa ke dokter hewan terdekat...

maaf baru balas ya mas... kasih saya kabar terus... :)

xixixi.... sudah saya duga pasti jawaban bu dokter di matrial, soalnya di saya pernah baca pertanyaan member, bu dokter jwb begitu, alhamdulillah jana sudah pulih :) saya kasih susu milo, diseduh kental tidak encer, resep bu dokter yg murah meriah, di kasih berapa hari sekali untuk komsumsi jana? (lagi keadaan sehat)
trima kasih banyak bu dokter atas saran2nya selama ini :)

hehehe. ketebak. :D
yang resep saya, bisa mas kasih sehari sekali, mas.

fesesnya gimana mas? coba infokan ke saya ya... :D

fesesnya bagus sekarang sudah bagus, tidak seperti waktu sakit, dua minggu terakhir semnjak jono dipotong orang, jana sering sakit, melamun, galak, gigitnya beneran, apakah itu hal yg wajar?

coba mas baca dulu artikel imprint pada musang...

imprint gak hanya terjadi antar manusia dan musangnya aja, imprint juga kadang terjadi pada musang dengan musang lain.... :)

gak apa2, coba mas deketin dan hibur jana.... mungkin dia masih merasa 'ada yang hilang'.... :)

syukurlah kalau jana sehat... :D

dok muspan saya kok matanya kaya belekan ada lendirnya tapi dikit,tp masih bisa melek dikit cuma tdk selebar yang mata kanan,obatnya apa ya dok,utk saat ini saya kasih makan : pisang,pepaya,selingan kepala ayam dan ceker ayam juga nasi sama kecap

dok muspan saya kok matanya kaya belekan ada lendirnya tapi dikit,tp masih bisa melek dikit cuma tdk selebar yang mata kanan,obatnya apa ya dok,utk saat ini saya kasih makan : pisang,pepaya,selingan kepala ayam dan ceker ayam juga nasi sama kecap

jaga kebersihan musang dan kandangnya, terutama bagian mata. mending stop pemberian kepala ayam, ceker, dan nasi kecap selama 2 hingga 3 minggu. kasih pisang ama pepaya.

selengkapnya silakan baca artikel saya cara mengobati katarak pada musang... secara prinsip sama... :)

Dok,, maw tanya dkit,, musang umur 2bulan ap sudah boleh d ksi palyam? N kasi a apa d potongw ato d kasikan langsung? Thanks sebelum a,,,,

Dok,, maw tanya dkit,, musang umur 2bulan ap sudah boleh d ksi palyam? N kasi a apa d potongw ato d kasikan langsung? Thanks sebelum a,,,,

kalau dia mau dan dia bisa makannya, boleh aja kasih. namun kalo pendapat saya sih, nanti aja. usia 2 bulan mending kasih yang gampang dicerna dulu. kalau daging kayaknya terlalu berat buat sistem cernanya. saran saya, banyakin makan buah, dan untuk makanan pokoknya, bisa kasih bubur bayi....

Dok,muspan saya ,saya kasih susu SGM
Tpi kalo mau di ganti
sama dancow,bisa gak?apa dia mau dok

jangan dikasih susu, mas. susu gak bagus buat musang. bisa bikin mencret.
mang suruh siapa dikasih susu?

kasih sari kurma + air mineral aja mas...

Dok bagi tips dong agar musang mau makan nasi. Musang pandanku umur 1 tahun. Dia makannya milih2

Dok bagi tips dong agar musang mau makan nasi. Musang pandanku umur 1 tahun. Dia makannya milih2

Dok bagi tips dong agar musang mau makan nasi. Musang pandanku umur 1 tahun. Dia makannya milih2

silakan baca artiikel saya monofeed dan polifeed pada musang... :)

Malam, saya mau tanya, saya pya musang bulan umur 3-4 bln, musang tadinya jinak tp g tau kenapa tiba" jadi galak dan gigit marah tdk seperti gigit biasa, kaki musang jg agak pincang pdhl musang di dlm kandang saja. Mohon dibantu infonya apa yg terjadi sma musang saya dan solusi nya bagaimana

dok,mau tanya,untuk pemberian makan dengan kepala ayam&ceker ayam kalo setiap hari apa boleh dok?? tapi saya seling dengan pepaya&pisang,trus minum'a saya kasih susu stiap hari'a.kira2 baik gak dok untuk kesehatan'a??mohon blesan'a.trmakasih

boleh saya tanya mas udah berapa lama pelihara musangnya?
lalu soal tiba2 pincang, dia biasa dikasih makan apa? ada kemungkinan kurang kalsium? umur segitu biasanya sangat rentan kurang kalsium. coba kasih bubur bayi biar ada asupan kalsiumnya....

soal perubahan perilaku, mas jujur sama saya, semenjak dia jadi galak, mas takut ya megang dia? bener? :)
karena biasanya musang jadi galak karena dia pengen 'ngetes' ownernya, takut nggak kalau dia galak. kalau ownernya takut, dia malah makin 'ngelunjak' hehehe.... untuk referensi, silakan mas baca artikel perubahan perilaku pada musang... :)

boleh kasih pala dan ceker ayam sebagai menu sehari hari TAPI sebaiknya minimal seminggu sekali kasih buah... biar sistem pencernaannya bagus.... coba mas kasih ramuan kesehatan musang ciptaan saya juga, udah ada artikelnya...
susu sebaiknya jangan. terlalu berat buat sistem pencernaannya... :)

dok saya mau tanya, di perut musang saya kok ada benjolan kecil ya ? kira2 itu apa ya ?

di luarnya atau di dalam perutnya? dia suka garuk2 bagian yang benjol?

saya tunggu kabarnya ya mas...

dok mau tanya musang saya belum seminggu, saya coba beri makan cat food makannya lahap banget dari pada di kasih pisang. tetapi setelah makan cat food bulunya mudah rontok. apakah gak apa-apa dok? atau di berhentikan makan cat foodnya? mohon jawabannya dan terimah kasih

dok mau tanya musang saya belum seminggu, saya coba beri makan cat food makannya lahap banget dari pada di kasih pisang. tetapi setelah makan cat food bulunya mudah rontok. apakah gak apa-apa dok? atau di berhentikan makan cat foodnya? mohon jawabannya dan terimah kasih

mending berhentikan aja. boleh dikasih catfood, tapi jangan sering2. cukup seminggu sekali aja....

soal bulunya, cek kebersihan musangnya. sering2 juga dimandikan. silakan baca artikel saya cara memandikan musang...

Dok, musang pandan saya umur 4bulan. Siangnya saya kasih makan telur matang setengah. Paginya sempet dikasih susu Frisian flag cair yang gold. Dan malamnya dikasih pala ayam rebus setengah. Eh besoknya... dia lemas, gak gerak tapi masih nafas. Tangan kakinya dingin. Pagi ini saya kasih susu beruang untuk netralisir racunnya mungkin. Sebelumnya juga pernah begini setelah dikasih makan ayam dok. Cara menanganinya gimana ya dok? Terima kasih

sebelumnya saya mohon maaf karena baru balas komentar mas... sibuk sekali minggu2 ini, banyak hewan sakit... :(

sekarang gimana musangnya? coba mas baca artikel saya ramuan kesehatan musang, kasih ramuan itu ke musangnya. STOP pemberian susu kental manis, kayaknya sih itu penyebab musangnya sakit.....

Malam dok mau tanya Kok musang saya tumben jam segini belum poop ya biasanya jam 7 udah poop .trs tumben juga malam ini habis maem cuma tiduran males"an di kandang biasanya lincah banget kalo di kandang..tadi pertama kali saya kasih sayap ayam rebus saya potong" saya campur juga minyak ikan apakah ini ngaruh ya dok?

coba nanti kasih pepaya matang yang dipotong2. biar sistem pencernaannya lancar.... selain itu, mas bisa kasih ramuan kesehatan musang juga. ada kok cara buatnya di artikel ramuan kesehatan musang... :)

Dok,saya mau tanya,cara mengetahui umur musang gimana yah,mengingat punyaku musang hasil tangkapan,Q baru pelihara 4 hari,trimakasih dok sebelum'y

dari giginya. usia musang tepatnya bisa diliat dari jumlah gigi atas dan bawah. kayaknya udah ada deh artikelnya, search aja di bagian cari artikel... :)

Dok,gimana ya cara'y boar tau umur musang,udah Q cari artikel'y ga ketemu juga,bisa minta tolong penjelasan'y...
Oh iya,sama 1 lagi,musang Q ko dikasih scott ngga mau ya,udah Q campirin sama makanan'y ttp ngga mau,jadi kalo Q kasih potongan kepala ayam rebus mau makan,begitu Q campur scott dia ngga mau makan,apa harus pake pipet aja yah,mohon penjelasan'y dok,Maklum dok Q pemula nih,hihihi makasih

oh ya. belum dipublish. tapi secara singkat, bisa diliat dari jumlah giginya. :)

jangan dikasih scott, mas. coba mas baca artikel ramuan kesehatan musang, kasih aja ramuan itu... lebih bagus.... :)

Oooh pantes Q cari ngga ketemu,
Ini kenapa Q kasih scott karena nafsu makan'y kurang,dia kadang mau makan,kadang ngga,trus Q baca2 di artikel dokter,trus Q baca di tanya jawab'y,suruh kasih scott,maka'y q coba kasih scott,sekalian Q beli buat anaku,jadi Q beli scott 1 buat ber 2,buat anak sama buat muspan,hehehehe.....

oh ya. emang, dulunya sih saya menrankan kasih scott biar nafsu makan musang, cuma kadang ada beberapa musang yang gak cocok dikasih scott, suka muntah. makanya saya riset mengenai ramuan kesehatan musang.... setelah beberapa lama riset, akhirnya saya nemu formula yang bagus sebagai pengganti scott... :)
ramuan kesehatan musang ada kok artikelnya, hasil riset saya...

kalau emang musangnya mas aman2 aja dikasih scott, gak apa2 dikasih scott... ada dosisnya ya mas, silakan baca artikel saya dosis scott emulsion untuk musang

paling ini Q coba dulu kasih scott ya dok,kalo misal efek samping'y kurang bagus nnti Q ganti pake sari kurma,udah terlanjur beli soal'y,kan penasaran juga kalo belum dicoba,siapa tau cocok

Ok deh Q tunggu artikel selanjutnya ya dok,tentang mengetahui umur musang,soal'y ini mau Q latih biar mau makan apa aja,tapi kan kata dokter itu untuk muspan umur 3 bulan up,sedangkan Q sendiri ngga tau nih umur muspanku berapa bulan,
Makasih ya dok atas penjelasan'y,info'y sangat membantu bagi Q yg pemula

oke, sip mas. nanti saya publish artikelnya.
atau kalu mau, mas bisa infokan kepada saya jumlah gigi rahang bawah musangnya? biar sana analisa... :)

Malem dok,rahang bawah gigi'y ada 12,itu udah termasuk taring,
Oh iya dok,musang saya ko ngg mau makan buah ya dok,Q kSih pisang,pepaya tetep aja ngga mau makan,dikasih nasi campur kecap juga makan'y dikit,gimana ya nyiasatin'y,q udah coba pake trik yg dokter ajarin,ttp ngga mau makan,mau'y makan yg daging2an aja,kaya kepala,ceker,ati ayam,gimana ya dok,maaf nih banyak nanya,baru pelihara musang soal'y
Makasih dok....😬

sebelumnya maaf kalau baru balas. saya sibuk sekali 2 hari kemaren.
kalau dari jumlah giginya sih sekitar 3 atau 4 bulan.
udah mas puasakan kayak di artikel cara agar musang mau makan apa aja? coba aja taruh potongan pisang di kandangnya, terus tinggal aja selama 6 jam... pisang lampung atau pisang sunpride yang dipotong2... :)

Sudah dok,tapi masih ngga mau makan,udah Q kasih pisang lampung,trus pepaya,Q taro pagi jam 10 an,sampe malem plng kerja masih utuh,Dia mau'y makan palyam,ceker,telor,gitu2 doang dok,trus fases'y item dok,itu normal ngga yah?
Ini Q baru beli sari kurma,mau Q coba kasih,kemaren Q kadih scott ngga mau dia,Q pipetin jga ngga mau ditelen,emang rasa'y asem bgt sih,Q nyobain sendiri(pantes dia ngga mau)hihihihihi....

iya, coba aja kasih sari kurma dulu.
musangnya umur berapa mas? kalau masih dibawah 3 bulan, mending kasih aja apa yang dia mau. yang penting dia mau makan aja. kalo ngebiasain kasih buah, ntar bisa lanjut latihan lagi setelah umur 5 bulan keatas...

opsi lain, mas bisa campur buahnya dengan makanan yang dia mau. di mix aja... misalnya cacahan kepala ayam mas campur dengan potongan pepaya matang... :)

Yg kata dokter tadi 3-4 bulanan,

oh. oke. coba aja terus latihan kasih makan dengan cara dipuasakan, mas... coba buah2an lain: pisang lampung, pepaya matang, lengkeng tanpa biji (dibuang dulu bijinya), mangga yang manis. :)

Siang Dok, MusBul saya baru adopsi berusia satu setengah bulan tapi jumbo seperti umur 4 bulan,
1. kalau di kasih scot dengan spet selalu dimuntahkan, dan utk buka mulutnya agak sedikit dipaksa, dia sudah mandiri, bagaimana caranya utk kasih scotnya ?
2. minuman untuk musang saya pakai seperti tabung minum kelinci, kalau air minumnya saya campur madu, berapa lama air minum dalam tabung tsb harus di ganti ?
3. air seni atau kotoran musang, klu kena ketangan, kalau dari sisi agama, apakah harus dibersihkan seperti kita terkena najis hewan anjing ??
sebelumnya saya terimaksih atas perhatian dan bantunnya
salam

halo mas. salam kenal. saya coba jawab.
1. campur aja ke makanannya, mas. inget, ada dosisnya loh. karena kalo kebanyakan, bisa mencret. ada kok artikelnya, dosis scott emulsion untuk musang.
amannya, saya sarankan pake sari kurma aja. biar alami. gak usah pake dosis kalo kasih sari kurma. kira2 aja... :)
2. sehari ganti aja, mas. 24 jam maksimalnya.
bagusnya emang buat makanannya agak encer kalo mas masih ngasih bubur bayi ke musangnya... jadi dia dapet asupan minum dari situ... sayangnya mas gak ngasih tau dia dikasih makan apa
3. nggak. najis musang setau saya bukan jenis najis berat, cukup dicuci bersih dengan air yang mengalir sampe bentuk, warna, dan baunya gak ada lagi di tangan kita...

sip. kabari terus ya mas..

dok saya mau nnya dok.saya ada 2 ekor musang pandan.saya heran dok.kenapa yg 1 obes dan yg 1 nya kurus ya dok.
padahal makanan yg saya kasi takaran nya sama dok.
apa yg kurus ada penyakit ya dok,seperti cacingan gitu dok.
tolong saran nya dok

dok saya mau nnya dok.saya ada 2 ekor musang pandan.saya heran dok.kenapa yg 1 obes dan yg 1 nya kurus ya dok.
padahal makanan yg saya kasi takaran nya sama dok.
apa yg kurus ada penyakit ya dok,seperti cacingan gitu dok.
tolong saran nya dok

musang juga sama kayak manusia, mas. postur tergantung genetik. kan ada manusia yang gampang gemuk, dan ada juga yang susah. kayak saya, hihihi.

faktor lain, bisa juga karena cacingan. cek aja fesesnya, kalau ada bilur2 cacingnya, kemungkinan emang iya...

Dok klo musang saya dimasi susu kambing yg coklat kq ga mau ya dok knpa ya ?

ada 2 kemungkinan. pertama, dia nggak suka aroma coklatnya. dan kedua, dia emang belum terbiasa minum susu kambing. coba kasih susu kambing yang putih (bukan yang rasa coklat)....

kenapa nggak dikasih sari kurma aja mas? :)

assalamualaikum dok mau nanya aja susu, makanan, & cara makannya apa & bagaimana untuk musang yg baru belajar makan sendiri & baru mau mulai tumbuh gigi ?

assalamualaikum dok mau nanya aja susu, makanan, & cara makannya apa & bagaimana untuk musang yg baru belajar makan sendiri & baru mau mulai tumbuh gigi ?

nggak usah kasih susu ke anakan musang karena bikin mencret.
dan musang yang masih anakan jangan digemukin dulu, fatal akibatnya karena rawan gangguan jantung. sampe umur 4 bulan, yang penting adalah dia sehat dulu. kalau mau gemukin, nanti aja diatas 4 bulan.
kalau musangnya belum bisa makan sendiri ya di pipet aja...

Halo dok saya ingin bertanya musang saya umur 3 bulan kalau di beri bubur bayi , bubur apa ya yang cocok untuk musang saya ? Dok , saya takut nya GK pas sama musang nya ntar sakit , TERIMA KASIH DOK Selamat sore.

merk apa aja sih bisa, mas. tapi saya sendiri merekomendasikan bubur bayi merk promina buat musang. lebih bagus. :)

Dok saya mau tanya??
Musaang saya umur 2bulan lebih
Biar dia cepet gede kasih makan apa ya??
Kalau di kasih sun aja dia bosen kaya nya saya coba kasih buah makan nya ga lahap.
Tolong bantuan nya

dia musang mas, makhluk hidup. bukan balon. kalo balon mungkin bisa, mas bikin cepet gede dengan cara ditiup. tapi ya kalo musang kan gak bisa, hihihihi....

pastiin aja makanannya tercukupi. sehari2 bisa kasih bubur promina (yang bagus promina), seminggu sekali kasih buah...

Untuk menambah kalsium dapat gunakan obat KALK yg dapat dibeli di apotik

wah, makasih banyak karena udah bantu, mas! :D

Musang saya usia 3/4 bulan apa bisa kasih mkn... Kalau bisa kasih mkn apa ya dok.

Musang saya usia nya 3/4 bulan apa bsa kasih mkn. Kalau bsa apa aja makanan nya ya dok

lah, emang selama ini mas gak pernah kasih makan musangnya?
kalau soal makanan apa aja buat musang, silakan baca artikel saya cara memelihara musang pandan.

jangan malas baca ya mas... :)

dok saya mau nanya, saya punya musang umur 1,5 bulan jalan ke 2 bulan, awalnya saya beli gendut tapi skrng kurus karna gamau makan udah ada 1 minggu, di kasih pisang pepaya nasi kecap gamau palaayam cuma di makan dikit, udah saya kasih minyak ikan scot tetep aja gamau makan, solusinya gimana ya dok

mas udah pelihara dia berapa lama?
emang dari yang jualnya disuruh kasih makan itu?

coba kasih bubur bayi promina. dan sebaiknya, kalau musang masih bayi gitu, jangan digemukin dulu. bahaya buat jantungnya. sementara focus ke kesehatannya aja dulu mas. jangan digemukin dulu, bisa gagal jantung nantinya...

cukup kasih bubur bayi aja. sama seminggu sekali kasih buah...

Dok, musangku sudah 4 bulanan dirumah, waktu adopsi umur 6 bulan, dia kabur dari kandang dok, apa bisa dia balik lagi?

kalo musangnya belum bonding atau belum jinak, kecil kemungkinan sih... saya bilang kecil kemungkinan, jadi bukan berarti gak mungkin... :)

Haduuh,tanya lagi dom maksudnya def kandang itu apa?,

defends kandang = kalau mau diambil, dia kayak mau nyerang gitu. menggeram. kayak mempertahankan diri (defends). :)

maaf karena baru balas. saya lagi di luar negeri sekarang, hehehe. ini masih jetlag. :(

Dok, musang kalo dikasih nasi+ikan boleh ga?

boleh aja. tapi minimal seminggu sekali wajib kasih buah biar sistem pencernaannya bagus... :)

apakah musang kalo dikasih bekicot sama ikan lele akan membuat badan si musang obesitas

bisa.
tapi minimal seminggu sekali mas kasih buah..

Dok butuh bantuan nich... Newbe.
Aku punya musang Rase umur sekitar 3-4bln.
Sebelumnya saya kasih makan pisang sama jangkrik.
Pas saya pergi seharian saya kasih minum dicampur gula sedikit, maksudnya pengganti makanan sementara.
Pas saya pulang. Musang saya ga mau makan sama sekali. Trus muntah cairan kuning kental.
Ada masalah apa ya sama musang aku?
Pengobatannya seperti apa ya?
Sudah 2 hari ga makan, hanya minum sedikit". Tolong sarannya dok
Terima kasih

Dok butuh bantuan nich... Newbe.
Aku punya musang Rase umur sekitar 3-4bln.
Sebelumnya saya kasih makan pisang sama jangkrik.
Pas saya pergi seharian saya kasih minum dicampur gula sedikit, maksudnya pengganti makanan sementara.
Pas saya pulang. Musang saya ga mau makan sama sekali. Trus muntah cairan kuning kental.
Ada masalah apa ya sama musang aku?
Pengobatannya seperti apa ya?
Sudah 2 hari ga makan, hanya minum sedikit". Tolong sarannya dok
Terima kasih

Dok butuh bantuan nich... Newbe.
Aku punya musang Rase umur sekitar 3-4bln.
Sebelumnya saya kasih makan pisang sama jangkrik.
Pas saya pergi seharian saya kasih minum dicampur gula sedikit, maksudnya pengganti makanan sementara.
Pas saya pulang. Musang saya ga mau makan sama sekali. Trus muntah cairan kuning kental.
Ada masalah apa ya sama musang aku?
Pengobatannya seperti apa ya?
Sudah 2 hari ga makan, hanya minum sedikit". Tolong sarannya dok
Terima kasih

jangan dikasih minum gula lagi.
gak cocok buat musangnya.
emang suruh siapa kasih minum gula?

buat menetralisir sisa gula di perutnya, kasih minum air kelapa. dan makanannya, sementara kasih bubur bayi promina aja dulu.

lakukan segera

Hy dok..kalo di kasih susu SGM bagua gak yg rasa vanila

sgm yang LLM non laktosa, mas... :)

«Oldest   ‹Older   201 – 345 of 345   Newer›   Newest»


Silakan upload gambar.